/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333} / ** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Kamis, 06 Februari 2014

Unlock Modem CDMA EVDO

Unlock Modem CDMA EVDO

Unlock modem adalah proses yang dilakukan agar modem yang semula hanya bisa untuk satu kartu provider operator internet (lock) agar bisa digunakan untuk operator internet yang lain. Proses unlock ini sendiri biasanya dapat diterapkan baik untuk unlock modem GSM maupun CDMA EVDO. Nah baru-baru ini bali servicecomputer mendapat permintaan untuk memperbaiki modem smart evdo EC1260-2. Karena modem ini masih lock maka hanya bisa dipakai kartu smart dan tidak bisa menggunakan kartu cdma lain seperti flexi atau aha. 

Modem smart ini sudah mendukung CDMA 2000 1X EVDO Rev. A 800/1900 Mhz, sayang jika hanya bisa kartu smart saja, setelah melakukan service modem yang diperlukan dan berhasil maka saya berinisiatif untuk melakukan unlock modem smart tersebut agar bisa untuk semua kartu. Kebetulan modem tersebut datang dalam kondisi rusak sehingga saya tidak memiliki resiko jika unlock modem cdma evdo ini gagal...:D

Bagi pembaca yang mempunyai modem Smartfren EC1260-2 lock dan ingin melakukan unlock modem, ikuti langkah-langkah berikut ini:
Pertama kali cek dahulu Firmware modem cdma yang akan di unlock, pastikan bahwa firmware modem evdo "11.104.04.03.836". Karena modem smart yang kami gunakan contoh menggunakan firmware tersebut. Bila tidak sesuai maka bisa melakukan update firmware modem. Hati-hati sebab semua proses update firmware selalu bersesiko. Software untuk update firmware sudah kami jadikan satu dalam link modem dibawah. Gunakan untuk yang membutuhkan update firmware smart. 

Cara Unlock Modem CDMA EVDO
  • Silahkan untuk tool/software dan file yang diperlukan untuk proses unlock modem download disini, gratis download kok...:) 
  • Putuskan koneksi internet (offline) dan nonaktifkan antivirus selama menggunakan unlock modem evdo ini.
  • Extract seluruh file unlock modem hasil download dilokasi yang pembaca inginkan dan ingat lokasi tersebut.  Password: baliservicecomputer.
  • Sambungkan datacard modem ke PC seperti biasa, tunggu beberapa saat sampai data card terdeteksi, dan terbaca di port usb.
cara unlock modem semua kartu cdma evdo
  • Instal software NvConfigPro_dev.exe lalu jalankan di PC anda NvConfig_Ver1019 pastikan isi SoftwareVer dan PRl Ver sesuai dengan gambar dibawah ini, yaitu 11.104.04.03.836. (disesuaikan dengan update link download, mengisi software ver dan PRI isi dengan: 11.104.04.01.836, terimakasih untuk pengalaman agan kungkang yang sudah berhasil unlock modem evdonya)
cara unlock modem cdma untuk semua kartu
  • Kemudian pilih PRL file dengan file hasil download dengan nama file: EC1260-2PRI-V100R001B104D04SP01C836.bin
  • Setelah itu isi PRL ID nya 10009
  • Klik File Path pada PRL File (arahkan di lokasi tempat hasil file download prl unlock modem smart disimpan) atau disini.
cara unlock modem evdo
  • Selanjutnya klik 'Scan' di pojok kanan atas, lalu klik “Write All”. Muncul kotak dialog: “Input MinLock” .
update firmware modem
  • Jalankan tool UnlockCode.exe yang sudah di download untuk mendapatkan IMEI Lock Code, harus seuai dengan Modem smart masing-masing yang akan di unlock.
  • Lalu klik kotak 'Write All' .
  • Jika proses unlock modem smart berhasil maka akan mucul tulisan: Write PRI Successfully, seperti gamabar dibawah ini.
unlock modem agar bisa semua kartu sim
Apabila langkah-langkah diatas sudah benar maka modem smartfren sudah unlock dan bisa untuk semua kartu CDMA Flexi atau esia Aha.

Penulis melakukan Unlock Modem SmartFren ini 2 kali baru berhasil, pada proses unlock modem pertama berhasil namun hanya mendeteksi sinyal flexi CDMA saja, padahal penulis yakin jangkauan sinyal flexi evdo di sini(denpasar) cukup kuat. Setelah mengulangi proses unlock modem yang ke 2 baru berhasil mendeteksi sinyal CDMA EVDO.
Penulis tidak tahu apakah cara-cara unlock modem disini dapat digunakan untuk type modem cdma yang lain. Karena beresiko sebaiknya gunakan tips cara unlock ini hanya untuk modem smart EC1260-2. Harap dipahami bagi pembaca yang melakukan update firmware atau menggunakan cara unlock ini untuk modem smart dan modem cdma yang lain, segala resiko ditanggung sendiri.

Penulis berbagi cara unlock modem cdma ini untuk mereka yang membutuhkan, namun kami selalu meyarankan dalam tulisan-tulisan di baliservicecomputer.blogspot, jika pembaca ingin membeli modem pilihlah modem unlock agar mudah dalam berlangganan dan daftar paket internet yang diinginkan. Walaupun kadang modem bawaan/bundling operator tertentu (flexi, smartfren aha) lebih murah namun membeli modem unlock semua kartu cdma adalah pilihan terbaik berdasarkan pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar